Gula Menjadi Faktor Kegemukan

Gula Menjadi Faktor Kegemukan

4 Alasan Gula Bisa Membuat Gendut

Gula Menjadi Faktor Kegemukan. Semua orang tentu sudah familiar dengan gula, bahan makanan yang biasanya ditambahkan dalam berbagai menu masakan atau minuman. Meski memiliki fungsi sebagai pemanis, namun mengonsumsi gula dalam jumlah yang banyak bisa memberikan efek samping seperti diabetes. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi gula juga bisa membuat cepat gendut.

Kok bisa? Ini dia alasannya, mengapa mengonsumsi gula bisa membuat Anda lebih cepat gemuk, seperti dilansir oleh Daily Health Post (24/02).

1. Gula membuat kecanduan seperti kokain
Faktanya, gula bahkan lebih mungkin membuat kecanduan dibandingkan kokain. Namun gula memiliki efek yang lebih halus dan tidak kentara. Sehingga banyak orang yang mengonsumsinya lebih sering namun tak sadar bahwa itulah yang menyebabkan masalah kesehatan. Ketika seseorang mengonsumsi gula, otak akan mengeluarkan dopamin dan membuat seseorang merasa puas. Hal ini membuatnya mengonsumsi lebih banyak gula. Ketika insulin dikeluarkan dari darah, Anda akan merasa ‘lapar’ akan gula lagi, sehingga akan mengonsumsi lebih banyak gula.

2. Mematikan Perasaan Kenyang
Ketika Anda mengonsumsi makanan yang mengandung gula fruktosa, sinyal pada otak yang berfungsi memberi informasi ketika Anda kenyang dimatikan atau ditekan. Dengan begitu, Anda akan sulit merasa kenyang dan berkemungkinan makan lebih banyak dari biasanya.

3. Membuat Anda makan lebih banyak
Gula bisa ‘mengakali’ otak untuk membuat kita makan lebih banyak. Dalam tubuh manusia terdapat hormon yang bernama leptin. Leptin berfungsi untuk memberitahu otak ketika tubuh sudah menyimpan banyak lemak sehingga otak akan mengeluarkan sinyal kenyang dan mulai meningkatkan metabolisme. Namun gula fruktosa membuat otak kebal terhadap leptin dan membuat otak tak mengetahui kapan tubuh sudah menyimpan cukup lemak atau ketika seseorang makan berlebihan. Dengan begitu, sistem metabolisme pun terhambat.

4. Resistensi insulin
Gula fruktosa yang masuk ke aliran darah menyebabkan kenaikan insulin dalam jumlah besar. Insulin bertugas untuk membersihkan aliran darah dari glukosa yang telah diubah dari karbohidrat. Jika tingkat glukosa terlalu tinggi akan meracuni darah, sehingga insulin sangat penting. Namun ketika konsumsi gula terlalu banyak, tubuh membutuhkan lebih banyak insulin. Jika ini terjadi, insulin yang bekerja berlebihan akan menyimpan semua glukosa dalam bentuk lemak dan membuat Anda lebih cepat gemuk.

Itulah beberapa alasan mengapa gula tak hanya memicu penyakit diabetes, namun juga bisa membuat Anda cepat gemuk. Jika tak ingin berat badan terus naik ada baiknya segera kurangi konsumsi gula mulai hari ini! (sumber: merdeka[dot]com)

TIDAK USAH MENUNGGU DATANGNYA PENYAKIT.

SEHAT SAMPAI TUA TANPA SAKIT-SAKITAN
—————————–

Salam Hangat,
F I F O R L I F

BERANI COBA
BERANI “SEHAT”

WA : 085204964931 Langsung Chat klik https://goo.gl/sZKM7v
www.ramuanpelangsing.club

error: Content is protected !!