Manfaat Psyllium Husk

Manfaat Psyllium Husk

Psyllium husk atau yang dikenal juga dengan istilah Pantago Ovata ialah tanaman yang dapat ditemukan di India serta telah banyak dijadikan suplemen makanan sejak 1955. Psyllium husk terkenal akan kemampuannya dalam menurunkan kolesterol serta kadar gula dalam darah yang tinggi. Tak hanya itu, psyllium husk juga dapat mengembang, menyerap air serta merangsang pergerakan usus agar normal.

Serat ini memang tidak dapat dicerna dalam usus namun memiliki manfaat untuk memperlancar buang air besar serta menyehatkan usus. Manfaat dan fungsi psyllium husk ternyata tidak berhenti sampai di situ. Masih ada segudang kegunaan lain dari serat makanan ini yang menjadikannya sebagai salah satu bahan obat-obatan herbal.

Psyllium husk sendiri merupakan bahan utama dari fiber unik di mana zat ini kaya akan gelatin atau penyerap air. Manfaat dan fungsi psyllium husk yang utama ialah sebagai pembersih usus dan penjaga kadar air dalam kotoran. Fiber yang terdapat di dalamnya juga dapat mengobati susah BAB serta mengeluarkan sisa kotoran dalam tubuh yang tidak bisa terurai.

Hal ini penting karena sisa kotoran yang tidak terbuang dapat menyebabkan perut kembung, sakit kepala dan berbagai gangguan kesehatan lainnya. Termasuk di antaranya adalah sembelit, diare, hingga sakit perut. Lebih lanjut, hal ini juga dapat berdampak pada usus yang menjadi tidak sehat dan mempengaruhi kesehatan berbagai organ lain termasuk hati, empedu, dan lain-lain. Berikut adalah manfaat dari psyllium husk secara lengkap.

Manfaat Psyllium Husk

  1. Psyllium husk mampu menurunkan kolesterol dalam darah secara efektif dan aman. Konsumsi sereal whole oat dengan psyllium husk akan membuat manfaatnya lebih terasa lagi. Serat larut yang ada dalam psyllium husk akan mengurangi penyerapan kolesterol sehingga kadarnya menurun. Kolesterol jahat dapat menurun hingga tujuh persen dengan memadukan diet rendah lemak dan psyllium husk.
  2. Manfaat dan fungsi psyllium husk berikutnya ialah mencegah terjadinya batu empedu. Batu empedu yang berbentuk seperti kerikil di dalam kantung empedu ini terbentuk sebagai akibat dari banyaknya kolesterol maupun material lain yang mengeras. Karena psyllium husk mampu menurunkan kolesterol, maka secara otomatis zat ini juga dapat mencegah terbentuknya batu empedu.
  3. Psyllium husk juga bisa menormalkan usus dari beberapa gangguan yang dapat terjadi, mulai dari sembelit sampai dengan diverticulosis dan sindrom iritasi pada usus. Psyllium husk juga akan membantu mengurangi terjadinya iritasi sehingga dapat melancarkan aliran sampah terutama pada area sensitif.
  4. Psyllium dapat pula mengatasi diare dan menurunkan berat badan. Efek dari psyllium husk yang menyerap air ialah membuat konsumennya merasa kenyang dan menunda terjadinya pengosongan makanan dalam perut.
  5. Terakhir, psyllium husk dapat pula menstabilkan gula dalam darah. Dengan cara ini, psyllium husk akan mengawal nafsu makan.

Dalam seratus gram psyllium husk terdapat serat larut sebanyak tujuh puluh satu gram. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan dengan Oat yang hanya mengandung serat larut sebanyak lima gram. Serat sendiri akan membantu melancarkan pembuangan di samping menjaga kesehatan dan kebersihan kolon.

Psyllium husk sendiri umumnya diolah dengan dikeringkan lalu dihaluskan sehingga dipasarkannya pun dalam bentuk tepung maupun kapsul minum. Manfaat dan fungsi psyllium husk ini bisa didapat lewat konsumsi yang benar. Bubuk psyllium husk yang dicampur air akan membentuk gumpalan seperti gel di mana fungsinya ialah menyerap cairan berlebih dalam usus dan mengatasi sembelit.

Untuk mendapatkan manfaat psyllium husk tidak perlu ribet dan repot. Psyllium husk adalah salah satu bahan yang terkandung dalam FIFORLIF. Sehingga praktis tinggal ambil dan minum, bisa dibawa ke mana2 walaupun sedang bepergian.

TIDAK USAH MENUNGGU DATANGNYA PENYAKIT.

SEHAT SAMPAI TUA TANPA SAKIT-SAKITAN

—————————–

Salam Hangat,

F I F O R L I F

BERANI COBA

BERANI “SEHAT”

WA : 0852-0496-4931  Langsung Chat klik https://goo.gl/sZKM7v
www.ramuanpelangsing.club

error: Content is protected !!